Powered By Blogger

Selasa, 24 November 2009

NiH cAR@ MaeN KaRtU YUGI-OH

Bagaimana cara bermain kartu yugioh ?
saya sih udah agak lupa-lupa tapi dasarnya adalah:
1. saat pertama kali permainan dimulai kita akan dimodali 40 buah kartu dan 8000 hp dan akan didraw 5 buah kartu yang dapat kamu gunakan, ada 4 jenis kartu yaitu kartu monster, kartu magic, kartu equip, dan kartu trap.
2. kamu dapat mengguakan kartu monster untuk disummon, dan digunakan untuk menyerang. atau bertahan.
3. kartu magic untuk melakukan special attack, dan melakukan penambahan kekuatan monster, dll.
4. kartu equip untuk menambah kekuatan monster.
5. kartu trap untuk menjebak, musuh yang menyerang daerah kita.
6. kartu monster mempunyai 2 posisi yaitu posisi bertahan dan menyerang, disaat posisi bertahan DEF point lah yang berfungsi, sedangkan saat pada posisi menyerang ATK pointlah yang berfungsi.
7. jika monster kita hancur saat posisi bertahan, hp kita tidak akan berkurang, sedangkan jika monster kita hancur pada saat posisi menyerang hp kita berkurang sesuai dengan selisih ATK monster kita dan musuh.
8. jika musuh tidak memiliki monster, kita dapat mengurangi hp nya dengan menyerangnya.
9. HP yang lebih dulu habis ialah yang kalah.
inilah dasarnya semoga membantu

gampang ada tiga jenis kartu
1.atacker
2.spell
3.trap

posisi atack ada di depan keluarkan satu kartu per turn dalam keadaan terbalik.... simpan posi berdiri untuk menyerang dan posisi tidur untuk defend tergantung point dan kelebihan kartu tersebut

posisi spell dan trap di simpan di belakang dalam keadaan terbalik dan jumblah kartu yang di simpan tergantung anda asal jangan lebih dari lima

terbalik dan buka untuk menggunakan kartu anda
• Begini Nih Hanya Bisa Dimainkan dua Orang
1.Setiap Pemain dapat Life Point Masing-masing 4000
2.Setiap Pemain mempunyai satu deck yang Berjumlah 40 Kartu
3.Suruh Lawanmu Mongocok Kartu mu Dan Kamu Mengocok Kartu Musuhmu lalu kembalikan
4.Ambil 5 Kartu
5.Suit Yang Menang Menurunkan Kartu Duluan
6.Kalau Menurunkan Monster Card Bolehnya 1 Kalu Magic Terserah
7.Kalau Mau Monster Cardnya Nyerang Posisinya Tegak (Dibuka Boleh Tutup Boleh)
8.Kalau Defense Di Putar 180 derajat
9.Berakhirnya Permainan Kalu LP DARI 2 pemain Salah Satunya Sudah Habis
10.Berikut Pengorbanannnya
Bintang 1-4 = 0
Bintang 5&6 = 1
Bintang 7&8 = 2
Seterusnya 3 (Max ada 11 bintang)

Peraturan & Cara Bermain
Dalam show Anime / Manga, setiap pemain diberikan LP (Life Points) sebesar 4000, namun pada permainan di real-life / sungguhan, tiap pemain diberikan nyawa sebesar 8000 LP
Minimal kartu dalam deck harus ada 40 buah, maksimal 60, atau akan didisfikualisasi
Maksimal kartu yang ada di tangan, pada saat End Phase adalah 6, lebih dari itu harus dibuang jumlah yang berlebih ke dalam Graveyard
Kondisi untuk menang adalah :
Menghabiskan Life Point Musuh
Berhasil mengumpulkan Exodia di tangan
Lawan menyerah
Menghabiskan Deck Lawan sehingga lawan tidak dapat menarik kartu lagi dari tumpukan deck
Akibat efek dari kartu tertentu seperti Destiny Board, Final Countdown, Ulevo, atau Vennominaga.
Hanya boleh maksimal 3 kartu yang bernama sama persis dalam sebuah deck. Dilarang lebih !
Catatan: Pada setiap beberapa bulan, akan selalu keluar daftar kartu kartu yang dilarang, dilimit, atau dibatasi maksimal 2, biasanya daftar ini diperbaharui pada bulan Maret dan September tiap tahunnya:

Area Permainan
Area permainan pada permainan YGO terbagi atas:
Field , maksimal 5
Spell / Trap Field, maksimal 5
Hand, maksimal 6, lebih dari itu pada setiap end-turn, player yang memiliki kartu yang berlebih harus membuang kartu yang ada di tangan player sehingga berjumlah 6 kembali
Deck, jumlah minimal harus 40 kartu, boleh lebih tapi tidak boleh kurang
Graveyard, area tempat penampungan kartu kartu yang telah "mati" dalam pertempuran, atau kartu kartu spell/trap yang telah terpakai
Remove from Play, berfungsi sama seperti graveyard, fungsi semula area ini adalah kartu kartu dalam area ini dianggap telah hilang dari permainan, sehingga apabila pemain mengaktivasikan kartu seperti "Fiber Jar" kartu dalam area Remove From Play tidak dimasukkan kembali ke dalam deck, namun seiring dengan berkembangnya permainan, kini telah banyak support untuk Remove From Play
Extra deck, dulu bernama Fusion deck, memiliki batas maksimal 30, yang pada 2009 dirubah, sehingga kini disebut extra deck, dan hanya memiliki batas maksimal 15 kartu saja.

Tipe Deck
Walaupun dikatakan jenis tipe deck, sesungguhnya tidak ada sebutan khusus, beberapa orang memanggil tipe deck ini dengan istilah themes atau Archtype (deck dengan kartu kartu yang beragam namum memiliki nama yang sama/sejenis), banyak variasi yang bisa dibuat, maupun meniru pada deck tokoh dalam manga / anime, mungkin pembagian menurut themes dapat digambarkan seperti ini (walaupun belum tentu tepat)
Character Deck
Toon deck, dipakai oleh Pegasus
E - Hero deck, deck dengan memfokuskan pada monster monster Elemental Heroes. Deck ini dipakai oleh Judai Yuuki, dalam seri Yu-Gi-Oh GX
D - Hero deck, dipakai oleh "Aster Phoenix"
Insect deck, dipakai oleh Insector Haga
Attribute Deck
Water Deck,
Insect Deck,
Fire Deck,
Light Deck,
Dark Deck,
ninja deck,
Lain lainnya
TeleDAD deck,
Twilight Deck,
OTK ( One Turn Kill ) deck,
Perfect Circle deck,
Monarch deck,
Lightsworn deck,
OppreGad deck,
Zombie Synchro deck,
LV deck,
Crystal Beast deck,
Macro Cosmos deck,
Anti-Meta Deck.
Beberapa Archetype (Archetype adalah type yang berada dalam nama dari sekelompok kartu. Kartu dari satu Archetype yang sama biasanya memiliki effect yang mendukung satu sama lain. Archetype juga memiliki kartu yang support yang hanya digunakan khusus untuk archetype tertentu. Kartu-kartu ini biasanya memiliki kemiripan satu sama lain baik dalam efek,tipe,dsb.):
Ancient Gear (saat menyerang musuh tidak bisa mengakftifkan spell maupun trap)
Crystal Beast (bisa berubah menjadi spell saat hancur)
Gladiator Beast(bisa kembali ke deck untuk memanggil sesama dengan nama berbeda)
Destiny Hero (kartu yang berbasis dari antihero British yang bergantung kuburan dan waktu)
Elemental Hero (kartu yang banyak memiliki variasi fusion)
Lightsworn / Lightlord (kartu yang membuang kartu dari deck sendiri meski sangat kuat)
Chaos (kartu kuat yang bisa dipanggil dengan meremove 1 cahaya dan kegelapan)
Gadget (kartu-kartu ini dapat memanggil sesamanya ke tangan saat dipanggil)
Morphtronic (kartu yang memiliki efek yang beda sesuai dengan posisi monster)
Six Samurai (kartu yang mendapat efek hanya saat ada sesamanya)

Penamaan deck ini tergantung dari kalian. Bisa bebas diciptakan sendiri sesuai dengan imajinasi kalian
Beberapa deck memiliki kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Contoh: Deck Twilight yang merupakan deck yang disebut-sebut sebagai deck terkuat saat ini, september 2009, memiliki kelemahan dalam ketergantungan pada pemangilan khusus dan kartu di kuburan.

Jenis-jenis Card
Monster
Normal Monster
Effect Monster
Gemini Monster (kartu tipe ini dianggap merupakan kartu monster normal tanpa efek, walau sebenarnya mempunyai efek (dengan di normal summon sekali lagi) ,saat berada di tangan, kuburan dan deck apabila belum di summon dua kali,dan akan mendapatkan efek/menjadi effect monster card sesuai dengan yang tertera di teks pada kartu tersebut setelah di summon lagi)
Tuner Monster (jenis kartu baru yang diperkenalkan dalam dunia YGO 5D, kartu tipe ini adalah kartu tipe monster, normal maupun effect dan merupakan bahan persyaratan yang dibutuhkan untuk memanggil Monster Synchro. Untuk memanggil Synchro, baik tuner maupun monster material harus berada dalam posisi face-up)
Synchro Monster (jenis kartu baru yang diperkenalkan dalam dunia YGO 5D, kartu tipe ini mempunyai ciri pinggirannya adalah berwarna PUTIH, ditaruh di Extra(Fusion) Deck. Monster Syncro merupakan monster yang hanya dapat di special summon dengan mengirim tuner dan 1 atau lebih monster lainnya yang bukan tuner dan harus mempunyai jumlah bintang yang sama seperti synchro yang akan dipanggil, tidak bisa lebih atau kurang. Bisa dibilang semacam gabungan dari fusion dan ritual.)
Fusion Monster (kartu gabungan satu monster dengan monster lain. Ditaruh di Extra deck. Kartu ini tidak dapat dilihat oleh pemain lawan, dan ditaruh secara face-down)
Ritual Monster (kartu Khusus yang dipanggil dengan Ritual Spell tertentu. Kartu Ritual memerlukan pengorbanan kartu baik di field dan graveyard hingga levelnya mencukupi(bisa lebih meski ada beberapa kartu yang harus pas cth. Demise King of Armageddon))
Divine Monster (dalam permainan sesungguhnya, kartu tipe ini tidak bisa dipakai, karena kartu dengan tipe ini adalah God Cards, dan God Cards merupakan kartu yang tidak bisa dipakai dalam Duel, hal ini tertulis pada kartu God Cards itu sendiri)
pada sekitar tahun 2009 Obelisk the Tormentor sudah memiliki versi yang boleh dipakai dalam permainan. Namun untuk Ra maupun Osiris belum ada konfirmasinya
Kartu monster masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa sub-kategori yang masing masing masih memiliki pembagian lagi. Namun secara garis besar kartu monster terdapat elemen elemen sebagai berikut:

BINTANG
Monster dengan bintang 1 - 4 dapat disummon langsung ke arena tanpa membutuhkan Tribute kartu monster
Monster dengan bintang 5 - 6 membutuhkan 1 buah Tribute kartu monster
Monster dengan bintang 7 - 8 membutuhkan 2 buah Tribute kartu monster
Monster dengan bintang 9 - 10 membutuhkan 3 buah Tribute kartu monster (termasuk kartu dewa)
Monster dengan bintang 11 - 12 membutuhkan 4 buah Tribute kartu monster (biasanya kartu jenis ini disummon dengan cara yang lain)
ATTRIBUTE: Pada sisi kanan atas terdapat sebuah bulatan yang menggambarkan ATTRIBUTE monster. yang terdiri dari: DARK, LIGHT, FIRE, EARTH, WATER, WIND.
MONSTER TYPE: Aqua, Beast, Beast-Warrior, Dinosaur, Dragon, Fairy, Fiend, Fish, Insect, Machine, Plant, Psychic, Pyro, Rock, Reptile, Spellcaster, Sea-Serpent, Thunder, Warrior, Winged-Beast, Zombie, Divine-Beast (Divine-Beast adalah Type khusus God Cards)
Traps
kartu ini hanya bisa digunakan setelah ditutup selama setidaknya 1 putaran dan bisa digunakan saat giliran musuh juga
Normal Trap
Continuous Trap
Counter Trap
Spell
kartu ini bisa diaktifkan secara langsung dan tidak bisa digunakan saat giliran musuh.
Normal Spell
Quick-Play Spell (bisa digunakan langsung atau ditutup dan tidak bisa digunakan sebelum melewati satu putaran(seperti trap). Bisa diaktifkan saat berada di tangan saat putaran sendiri)
Field Spell
Continuous Spell
Equip Spell

Cara Menyusun Dek I (Untuk Pemula)

Untuk bisa bermain TCG Yugioh kita memerlukan sebuah dek yang minimal terdiri dari 40 kartu. Tipe kartu Yugioh terbagi 3 menjadi kartu monster, magic, dan trap. Ketiga tipe kartu itu juga terbagi menjadi beberapa tipe sendiri. Lalu bagaimana cara menyusun dek yang terdiri dari 40 macam kartu yang berbeda itu? Untuk yang baru mulai sebaiknya kita mengikuti petunjuk yang tertulis di Official ruling book. Gunakanlah rasio Monster: Magic: Trap = 2:1:1. Apabila dek terdiri dari 40 kartu maka isinya berupa 20 monster, 10 magic, dan 10 trap. Ini adalah dek yang seimbang bagi pemula. Hal berikut yang harus diperhatikan adalah kartu monster. Kartu monster dasarnya terbagi atas monster level tinggi yang memerlukan pengorbanan(tribute summon) dan monster level rendah yang bisa langsung disummon atau set. Dalam 1 turn kalian hanya bisa melakukan 1 kali normal summon atau set(termasuk 1 tribute summon atau set). Karena itu ada baiknya kalian tidak memasukkan banyak monster yang memerlukan tribute. Dengan rasio 20 monster sebaiknya kalian menggunakan monster tribute sebanyak 1-4. Monster-monster level tinggi memang memiliki attack dan defense power yang tinggi. Tetapi karena mereka membutuhkan tribute monster di field maka akan mengurangi monster kalian sendiri. Ini berbeda dengan monster level 4 ke bawah yang bisa langsung dipanggil tanpa tribute dan memenuhi field kalian. Bagaimana dengan monster Fusion? Monster Fusion tidak dihitung ke dalam monster card pada dek. Jadi kalian bisa menggunakannya berapa saja. Hanya saja bagi pemula disarankan tidak menggunakan fusion karena kemungkinan mereka keluar sangat kecil. Hal selanjutnya yang perlu disusun adalah magic dan trap. Untuk pemula sebaiknya siapkan magic dan trap untuk mendukung monster. Contohnya kartu yang bisa aktif ketika terjadi summon, damage step, ataupun untuk menghancurkan monster. Misalnya trap hole berguna ketika monster lawan di summon atau flip summon, Fissure untuk menghancurkan monster, dan Reinforcement untuk meningkatkan kekuatan monster saat Damage Step pada battle step. Kemudian ada juga Counter Trap yang memiliki Spell Speed 3. Usahakan memasukkan 1 ke dalam dek kalian seperti Magic Jammer dan 7 tools of the bandits. Counter trap sangat berguna karena mereka tidak bisa diChain kecuali dengan Counter Trap lainnya. Setelah menyusun 40 kartu kalian bisa segera memulai permainan. Apabila kalian sudah terbiasa dengan 40 kartu maka kalian bisa menambahkan beberapa kartu antara 2-3. Namun jika kalian tidak puas maka bisa menambahkan sebanyak mungkin. Hanya saja kalian harus ingat semakin banyak kartu dalam dek maka kemungkinan mendapatkan kartu yang kalian inginkan akan semakin berkurang.

Tujuan Permainan
Tujuan utama YuGiOh TCG adalah memenangkan Match melawan lawan bermainmu.
Satu Match adalah satu permainan, terdiri dari 3 babak yang disebut Duel. Dalam Duel ini, pemain akan menentukan sendiri kemenangannya: win, lose, or draw!
Untuk memenangkan Match, pemain harus berada dalam salah satu kondisi berikut:
-Memenangkan 2 Duel.
-Memenangkan 1 Duel dan 2 kali Draw.
Duel itu dinyatakan Draw (seri) jika salah satu kondisi ini terpenuhi:
-Pemain 1 kali menang, 1 kali kalah, dan 1 kali seri.
-Pemain 3 kali berturut-turut seri (jarang sih terjadi...).

Memenangkan Duel


Hasil sebuah Duel ditentukan dari aturan resmi yang sudah ditetapkan berikut:
1. Tiap pemain mulai tiap Duel dengan 8000 Life Point (LP).
2. Life Point berkurang dari hasil damage setelah pertarungan (Damage Step). Siapapun yang mencapai nilai nol duluan akan kalah!
3. Kalau bersamaan kedua pemain mencapai nilai nol, Duel itu dinyatakan seri.
4. Kalau salah satu pemain kehabisan kartu alias tidak bisa lagi mengambil kartu dari decknya, dia kalah!
5. Kalau kapanpun salah satu pemain memiliki kelima berikut, otomatis ia langsung memenangkan Duel: Right Leg of the Forbidden One, Left Leg of the Forbidden One, Right Arm of the Forbidden One, Left Arm of the Forbidden One, dan Exodia the Forbidden One (tapi biasanya di banned klo turnamen resmi)

Getting Started


masing-masing pemain harus memiliki sebuah deck (tumpukan kartu) yg terdiri dari 40 kartu (minimal) atau lebih, kamu juga boleh mempunyai deck cadangan yg terdiri dari hanya 15 kartu yg dapat digunakan setelah babak pertama (subsitusi kartu untuk babak selanjutnya). Di dalam deck kamu hanya boleh memasukkan kartu yg sama maksimal 3 lembar.

Gameplay

Menurut Aturan Resmi, Duel dimulai dengan sikap-sikap berikut.

Sebelum memulai Duel, jabat tangan lawan terlebih dahulu dengan sopan.

Tiap pemain mengocok Main Deck mereka dan menyerahkannya kepada lawan untuk dikocok (ini dikenal dengan istilah cutting the deck). Deck tersebut dikembalikan kepada pemiliknya dan ditaruh hadap-bawah di tiap Deck Zone pada Game Mat.

Jika menggunakan Fusion Card, letakkan kartu-kartu tersebut di Fusion Deck Zone pada Game Mat. Keterangan. Ingat bahwa Fusion Deck tidak dihitung pada batas minimum 40 kartu Main Deck.

Tunjukkan (jika menggunakan) pada lawan Side Deck Anda bahwa deck itu benar-benar berisi 15 kartu (bisa dihitung tanpa melihat kartunya).

Untuk Duel pertama, putuskan siapa yang akan memulai duluan dengan mengundi. Pakai koin atau suit. Yang memenangkan undian boleh memutuskan siapa yang akan mulai duluan. Untuk Duel selanjutnya, yang kalah pada Duel sebelumnya memutuskan siapa yang akan memulai duluan. Kalau Duel sebelumnya berakhir seri, undi lagi.

Akhirnya, tiap pemain mengambil 5 kartu teratas dari Main Deck. Duel pun siap dilakukan!

Game Mat
Tiap kartu yang dimainkan diletakkan dalam lahan permainan yang disebut Game Mat. Contoh Game Mat adalah sebagai berikut:

Field Card Zone: Field Spell Card diaktifkan atau di-Set di sini. Hanya satu Field Spell Card yang bisa aktif dalam sekali waktu. Mengenai Field Spell Card tunggu edisi berikutnya.

Monster Card Zone Monster

: Monster dapat di-Summon atau di-Set di 5 tempat yang tersedia di area ini, mengacu pada aturan Main Phase 1.
PENTING! Monster Card Zone memiliki batas 5 kartu. Sekali semua 5 tempat terisi, tidak ada lagi Monster Card yang dapat di-Summon atau di-Set sampai ada tempat kosong.

Fusion Deck Zone: Kalau memainkan Fusion Monster, letakkan semua kartu yang akan digunakan dalam kedaan tertutup di tempat ini.

Graveyard

Artikan saja kuburan, karena area ini memang ditujukan untuk semua kartu yang dihancurkan (lihat Kata-Kata dalam Teks untuk arti dihancurkan, jangan benar-benar menghancurkan kartunya! Sayang kan...), diletakkan secara terbuka. Isi Graveyard boleh diketahui secara umum dan lawan bisa melihat Graveyard Anda kapanpun ia mau. Pastikan untuk mendapat izin sebelum melihat Graveyard lawan Anda (kalau tidak, ntar monsternya bangun semua...).

Spell & Trap Card Zone Spell dan Trap Card

diaktifkan atau di-Set di sini pada 5 tempat yang tersedia, mengacu pada aturan Main Phase 1.
PENTING! Spell & Trap Card Zone mempunyai batas 5 kartu. Sekali semua 5 tempat di area ini terisi, tidak ada lagi Spell (kecuali Field Spell Card) ATAU Trap Card dapat diaktifkan atau di-Set sampai ada tempat kosong. Batas ini termasuk Equip Spell Card yang digunakan untuk meng-equip Card Monster sendiri atau Monster lawan.

Deck Zone

: Di sinilah Main Deck diletakkan dalam keadaan tertutup dan menumpuk. Side Deck tidak diletakkan dalam Game Mat (nitip siapa aja boleh tapi hati" di ambil sayangkan kartu original YGO mahal") :heh:

YGO TCG juga bisa dimainkan tanpa Game Mat (dilantai, dimeja, di mana aja deh yg penting bisa naro kartu). Pastikan posisi tiap kartu mengikuti aturan di atas. ;)

sebenernya masih panjang peraturannya, cek sendiri disini
(http://www.rpgfantasy.web.id/dunia_impian/yugioh/intro.html#foreword) :no1:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar